Sabtu, 09 Juni 2012

Suku Bugis


Bugis merupakan salah satu suku bangsa yang berasal dari Sulawesi Selatan. OrangBugis mendiami kabupaten BuluKumba, Sinjai, Bone, Soppeng, Sindenreng-Rappang,Polewali-Mamasa, Luwu, Pare-pare, Barru, Pangkajene, dan Maros. Daerah Pangkajene danMaros merupakan daerah per-alihan yang juga didiami oleh anggota suku bangsa Makassar.Suku bangsa Makassar erat sering dikaitkan dengan suku bangsa Bugis, sehinggasering ditemukan istilah Bugis-Makassar. Namun, antara suku bangsa Bugis dan Makassar,sebenarnya merupakan dua kelompok etnik yang berbeda dengan variasi budaya masing-masing.

Bahasa
:Orang Bugis mempunyai bahasa sendiri, yaitu bahasa Bugis. Bahasa Bugis masihmerupakan keluarga besar dari bahasa Austronesia Barat. Ada beberapa dialek yang masihdipakai yaitu dialek Luwu, Wajo, Palakka, Enna, Soppeng, Sindereng, Pare-pare, Sawitto,Telumpanuae, dan Ugi. Selain itu, orang Bugis juga memiliki aksara sendiri, yaitu
aksaralontara
yang berasal dari huruf Sansekerta. Jenis-jenis Lontara antara lain :1.Paseng, kumpulan amanat keluarga atau orang-orang bijaksana yang diucapkan ataudihafal.2.Attoriolong, kumpulan catatan-catatan mengenai asal-usul turun-temurun raja-rajaatau keluarga tertentu.3.Pau-pau ri kadong, cerita rakyat yang mengandung sifat-sifat legendaris.4.Pau-pau atu talo’, cerita rakyat yang biasanya menceritakn seorang tokoh yangmemang benar-benar ada.

0 komentar:

Posting Komentar

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Blog Newb1e